Pembukaan Kantor Cabang

Perluasan jaringan usaha bank dapat dilakukan dengan membuka kantor cabang di dalam maupun di luar negeri. Dalam hal pembukaan kantor cabang di dalam negeri, bank pemohon diwajibkan mengajukan permohonan izin yang antara lain disertai studi kelayakan. Studi kelayakan dimaksudkan untuk mempelajari potensi dari prospek serta permasalahan suatu wilayah atau daerah rencana lokasi kantor cabang. Studi kelayakan meliputi penelitian dan pengkajian aspek-aspek yang dibutuhkan, antara lain:

  1. Penelitian potensi ekonomi dan peluang pasar.
  2. Pengkajian tingkat persaingan antarbank berikut substitusinya dan tingkat kejenuhan pasar.
  3. Pengkajian key success factor keberhasilan kantor cabang.
  4. Membuat rekomendasi lokasi rencana pembukaan kantor cabang.

Program

SEE MORE

Survei Produk/Jasa dan Potensi Pasar

Dalam perkembangan bisnis perbankan yang kian hari kian competitive, diperlukan suatu keputusan bisnis yang tidak hanya cepat, melainkan harus akurat. Untuk membuat keputusan cepat dan akurat, alat yang paling sering dipergunakan adalah Riset terapan. Suatu kegiatan Riset terapan dengan berbagai tujuannya, terbukti efektif dalam membantu manajemen sukses dalam mencapai target ke depannya.

Suatu Riset Terapan dapat di-design dengan berbagai tujuan. Untuk tujuan ekspansi dan penetrasi pasar misalnya, Riset terapan tentang potensi pasar secara reguler perlu dilakukan karena dalam praktek di lapangan, suatu produk/ jasa dan pasar selalu berubah-ubah, lingkungan bisnis selalu berubah, perilaku nasabah selalu berubah. Dengan data yang diperoleh dari riset terapan  yang tepat, banyak hal yang dapat ketahui untuk menciptakan peluang pasar. Dalam hal persaingan, suatu Riset terapan dapat menunjukkan data kelebihan dan kekurangan pesaing agar supaya manajemen memperoleh cara pandang yang up to date terhadap posisi banknya dan posisi pesaingnya. Demikian halnya Riset terapan mengenai Kepuasan Nasabah, dan lain sebagainya. Riset terapan  dilakukan dengan beberapa metode-metode: wawancara, kuesioner terfokus, focus group discussion (FGD), observasi, dan lain-lain

Riset Terapan yang Ditawarkan

Adapun Riset Terapan yang ditawarkan LPPI adalah : (1) Potensi pasar pada daerah sasaran misalnya untuk pembukaan kantor cabang atau kantor cabang pembantu; (2) Riset Terapan mengenai kepuasan nasabah apakah nasabah prioritas ataupun nasabah bank dengan segmen lebih luas; (3) Riset Terapan mengenai Branding suatu produk bank; (4) Riset Terapan mengenai pesaing dan market inteligent; (5) sesuai kebutuhan (customized ).

Program

SEE MORE

Evaluasi Pendidikan

Diklat atau pelatihan bagi karyawan suatu organisasi (bank) merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan karyawan dalam mencapai tujuan organisasi. Salah satu tugas pokok organisasi dalam mengembangkan karyawannya agar dapat berkompetisi adalah melalui diklat. Tujuan diklat adalah untuk memberikan bekal bagi setiap karyawan agar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan kinerja pegawai akan meningkat. Namun pada kenyataannya, seringkali para manajer yang telah mengirimkan anak buahnya untuk  mengikuti diklat, tidak melihat anak buahnya tersebut mengalami perubahan  perilaku dalam bekerja. Keluhan-keluhan seperti ini sering dirasakan oleh para atasan yang mengirim anak buahnya untuk mengikuti diklat. Tidak terjadi perubahan perilaku yang signifikan setelah mengikuti pelatihan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu dilakukan evaluasi atau penelitian setelah mengikuti pelatihan. Dengan evaluasi atau penelitian tersebut maka akan terlihat pengaruh diklat terhadap  kinerja pegawai.

Program

SEE MORE