Berita LPPI dan Liputan

Course1

Sustainable Finance

28-09-2018

LPPI telah berkontribusi untuk turut serta mempromosikan dan meningkatkan awareness akan pentingnya penerapan Keuangan Berkelanjutan di dalam bisnis lembaga jasa keuangan. Kontribusi LPPI antara lain dalam bentuk pengembangan modul dan kurikulum, dan penyelenggaraan training bagi banking officers. Kerja sama yang telah dijalin oleh LPPI antara lain dengan The Deutsche Gesellschaftfur Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ) dan International Finance Corporation (IFC). Pada tahun 2018, LPPI telah menyelenggarakan tiga kali training di bidang Keuangan Berkelanjutan. Pada bulan April, bekerja sama dengan IFC menyelenggarakan Training Pengenalan Keuangan Berkelanjutan dengan peserta banking officers dari bank-bank syariah . Lalu pada 19-21 September 2018 bekerja sama dengan IFC dan OJK menyelenggarakan Training Analis Lingkungan Lanjutan Tingkat Intermediate di Hotel Shantika Bogor. Secara spesifik, tujuan dari training ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kompetensi dari sumber daya manusia di industri jasa keuangan pada pentingnya perhatian kepada aspek sosial dan lingkungan hidup di dalam aktivitas pembiayaan. Bagi lembaga jasa keuangan, training ini dapat membantu memberi pemahaman akan praktik integrasi aspek-aspek tata kelola, sosial, dan lingkungan hidup ke dalam manajemen risiko bisnis lembaga jasa keuangan, serta peningkatan portofolio pembiayaan di sektor ramah lingkungan. Peserta berasal dari Bank BUMN, Bank Swasta, dan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia.

Baca selengkapnya
Course1

Loan Monitoring - BNCTL

25-09-2018

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) bekerjasama dengan Banco Nacional de Comercio de Timor Leste (BNCTL) mengadakan Program In House Training Loan Monitoring, Bad Loan & Loan Assessment Guarantee untuk para Field Staff, Loan Officer dan Branch Manager BNCTL. Program In House Training Loan Monitoring, Bad Loan & Loan Assessment Guarantee dilaksanakan di JL Villa & Resort, Dili pada hari Senin-Jum’at, 17-21 September 2018, yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta. Pengajar/Fasilitator untuk In House Training Loan Monitoring, Bad Loan & Loan Assessment Guarantee adalah: 1. Bapak Trioksa Siahaan, dan 2. Bapak Effendi. yang membahas mengenai materi Loan Assessment Guarantee, Loan Monitoring dan Bad Credit Recovery dengan mengadopsi Studi Kasus di Indonesia dan Timor Leste. Melalui program ini diharapkan dapat membantu BNCTL dan peserta pada khususnya dalam memahami pemantauan kredit, mampu menangani kredit bermasalah dan memahami manajemen penjaminan kredit.

Baca selengkapnya
Course1

First Line Manager

19-09-2018

Pada tanggal 27 Agustus - 7 September 2018, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia menyelenggarakan program Fist Line Manager Yang diikuti oleh 22 orang peserta dari 6 instansi termasuk dari Banco Nacional de Comércio de Timor-Leste (BNCTL) sebanyak 4 orang.

Baca selengkapnya